Pengikut

Jumat, 09 September 2011

K-FACT (Fakta Tentang Drama Korea)


  • Dibanding Sinetron Indonesia, drama Korea hanya memiliki episode yang jauh lebih sedikit berkisar 16-30 episode. Walaupun sebenarnya juga ada yang memuat lebih dari 60-100 episode tapi kebanyakan genre ceritanya adalah drama keluarga atau saeguk drama atau drama tentang Sejarah Korea
  • Meskipun memliki banyak genre (romance, comedy, mistery, education, history, dan masih banyak lagi). Sutradara drama korea sepertinya menyukai drama dengan alur cerita Cinderella yaitu kisah cowok kaya yang jatuh cinta dengan gadis dari keluarga miskin atau biasa-biasa saja. Seperti Boys Before Flowers (BBF), Paradise Ranch, Princess Hours, Coffee Prince, Full House, My Sassy Girl Chun Hyang, Syungkyunkwan Scandal, dan masih banyak lagi.
  • Banyak Drama Korea yang menceritakan perjuangan seseorang untuk mencapai cita-cita dan mimpinya. Baik mengejar mimpi sebagai Artis, Pekerjaan, ataupun Pendidikan. Seperti Prosecutor Princess, Dream High, God Of Study, Syungkyunkwan Scandal, Worlds Within, Heading To The Ground (No Limit), Pasta, dan masih banyak lagi.
  • Untuk pembuatan suatu drama, seorang Produser harus menghabiskan dana bahkan sampai milyaran rupiah, seperti drama My Princess yang menghabiskan dana 80 milyar, dan masih banyak lagi drama korea yang menghabiskan dana melebihi itu. Dan kira-kira 50% dari biayanya dihabiskan untuk membayar pemeran utamanya.
  • Artis korea selalu total dalam berakting baik dalam penghayatan ataupun penampilan fisik yang mendukung kualitas akting mereka. Contohnya Yoon Eun Hye yang harus rela memotong rambut panjangnya sampai benar-benar pendek untuk memerankan Go Eun Chan didrama Coffee Prince, ataupun Kim Sun Ah yang harus menaikkan berat badannya untuk berperan di dalam drama My Name Is Kim Sam Soon sebagai Kim Sam Soon.
  • Drama Korea memiliki Original Soundtrack atau OST tersendiri yang sangat mendukung backsound drama. Hal ini betul-betul sangat diperhatikan, bahkan pemeran utamanya juga ikut andil memberikan pendapat dalam pembuatan Soundtrack. Biasanya Soundtrack dinyanyikan oleh pemain utamanya atau penyanyi yang sudah terkenal.
  • Drama Korea banyak memuat artis terkenal sebagai CAMEO atau bintang tamu untuk kejutan bagi penonton ataupun penyegar suasana. Walaupun hanya tampil sebentar, tapi seorang Cameo dapat memberikan dampak yang cukup significan untuk rating.
  • Rumah orang kaya dalam drama korea betul-betul dibuat bermodal, bukan hanya rumah sewa dan itu-itu saja seperti Sinetron Indonesia. Bahkan ada salah satu Drama yang sengaja membangun sebuah rumah untuk keperluan shooting. Seperti drama Personal Taste, yang membangun rumah Sang Go Jae untuk tempat tinggal Park Gae In.
  • Pemeran oarng jahat dalam drama korea memiliki alasan mengapa dia bisa jahat, bukan dari awalnya sudah jahat seperti Sinetron Indonesia. Contohnya Min Hyo Rin yang menjadi jahat karena merasa pacarnya Lee Shin diambil oleh Shin Chae Kyung dalam drama Princess Hours, atau di Dream High, Yoon Baek Hee yang menjadi jahat karena merasa selama ini tidak pernah dianggap oleh sahabatnya sendiri, Go Hye Mi.
  • Drama Korea memiliki banyak nama yang berbeda, dan nama lainya biasanya berbahasa Inggris, hal ini ditujukan agar negara lainya yang menonton drama ini dapat menegtahui judul drama dan sekaligus bisa mengetahui konsep cerita dari judul drama tersebut.
  • Drama Korea banyak mengunakan barang-barang dari sponsor dalam negeri, karena oarag korea terkenal sangat mencintai Produk dalam negeri. Seperti sponsor mobil Hyundai, ataupun Handphone Samsung.
  • Dalam Drama korea walaupun seorang anak tidak suka dengan cara orang tanya, atau punya pendapat yang berbeda mereka tidak akan menampakkan perkelahian yang berlebihan. Orang korea selalu penuh dengan sopan-santun.
  • Dalam Drama korea meskipun telah banyak berbuat jahat, biasanya pemeran antagonis akan sadar dan di akhir akan mendapatkan kebahagiaan juga.
  • Dalam film atau drama korea sering dijumpai adegan yang menganggap sakral sebuah benda kenangan karenanya mereka kerap mananam benda tersebut. Misalnya dalam drama seri Princess Hours, yang ditanam adalah 2 tiket kereta api yang menandai perjumpaan pertama sang pangeran dengan cinta pertamanya diruang tunggu Stasiun Kereta. Kemudian drama My Sassy Girl yang juga memepunyai surat-surat yang ditanam di bukit yag ditandai dengan pohon beringin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar